Minggu, 13 Juni 2010

SEJARAH

sejarah t-shirt

Menurut beberapa beberapa keterangan,awal dari T-shirt diperkenalkan oleh Angkatan Laut. Angkatan Laut Amerika Serikat. sedangkan menurut sejarah lainnya, mengatakan t-shirt diperkenalkan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang memakai t-shirt di bawah seragam mereka dalam Perang Dunia I.bahkan ada beberapa yang mengatakan bahwa tentara Prancis yang pertama memperkenalkan t-shirt.para tentara Amerika menyukai singlet katun yang nyaman dan ringan dipakai dibandingkan dengan seragam tentara Amerika. tampaknya ada beberapa perbedaan atas beberapa keterangan, meskipun sebagian besar Angkatan Laut Amerika Serikat telah memakai t-shirt dengan lengan pendek, kaus katun putih di sekitar 1913. t-shirt yang baru dibuat memungkinkan untuk memudahan pergerakan dan cepat kering. Pada tahun 1920-an T-shirt telah menjadi tiga barang resmi di Kamus bahasa Inggris Amerika. Pada akhir 1930-an beberapa pengecer US adalah pemasaran mereka, yaitu Hanes, Fruit of the Loom dan Sears, Roebuck & Co perkembangan fashion ini rupanya mempunyai satu kemunduran - pada tahun 1934 Clark Gable menanggalkan t-shirt untuk mengungkapkan dalam komedi 'It Happened One Night.'.. Hal tersebut dilakukannya untuk mengungkapkan penjualan t-shirt yang jatuh untuk sementara waktu.
Dalam Perang Dunia II,Angkatan Laut Amerika Serikat dan tentara yang mengenakan t-shirt sebagai pakaian dalam. pada tahun 1940-an bahwa t-shirt dipergunakan kembali oleh prajurit Amerika.
Museum Smithsonian mencatat 'T-shirt sablon tertua' dalam koleksi mereka.t-shirt tersebut adalah t-shirt kampanye untuk kampanye presiden 1948 New York Gov Thomas Dewey.
di Hollywood juga mempunyai pengaruh yang memiliki dampak terbesar pada t-shirt klasik dengan gambar ikon seperti T-shirt Brando di 1951.dan t-shirt putih yang di pakai James Dean didalam film' Rebel without Cause 'pada tahun 1955, yang membuat t-shirt sebagai simbol pemberontakan. Hal ini diikuti oleh Elvis Presley dan lainnya.

1960-an tie-dye T-shirt mengalami perkembangan yang pesat,dan akhir 1960-an sablon mulai diperkenalkan dan berhasil menjadi bagian darifashion. T-shirt ini menjadi media untuk mempublikasikan perubahan sosial dan kerusuhan politik.t-shirt melahirkan sejumlah variasi seperti tank top, leher-V, leher sendok dan lainnya. Selama 60's dan 70's itu industri musik juga memanfaatkan popularitas t-shirt. Band-band rock mulai menjual band mereka dengan gambar dan slogan-slogan dan merchandising segera menjadi penghasilan uang yang besar.dan pada saat ini t-shirt telah mencapai perkembangan yang pesat di setiap penjuru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar