Minggu, 13 Juni 2010

SEJARAH SCREEN PRINTING

sejarah screen printing

Screen cetak/sablon pertama kali di kenal di Cina pada Dinasti Song (960-1279 M) lalu Jepang dan negara-negara Asia lainnya mengadopsi metode pencetakan tersebut dengan metode yang lebih maju dengan menggunakan cat dan huruf balok.
Screen printing sebagian besar diperkenalkan ke Eropa Barat dari Asia pada saat di akhir 1700-an, tetapi tidak mendapatkan tanggapan yang besar.di Eropa mesh(tenun) sutra lebih banyak di pergunakan untuk sebagai bahan perdagangan dari timur dan menguntungkan.
Screen printing pertama kali dipatenkan di Inggris oleh Samuel Simon pada tahun 1907. ini pada awalnya digunakan sebagai metode populer untuk mencetak kertas dinding mahal, dicetak di atas kain linen, sutra,. Dan kain halus lainnya.diBarat perkembangan percetakan dikembangkan tertutup, oleh sebab kebijakan usaha defensif dan eksklusif dimaksudkan untuk menyimpan rahasia bengkel kerja mereka, untuk pengetahuan dan teknik.
Pada awal 1910-an, beberapa percetakan bereksperimen dengan foto-bahan kimia reaktif digunakan silang dengan aktinik yang dapat diaktifkan cahaya sebagai cara pengerasan dari sifat kalium, natrium atau ammonium Kromat dan dikromat bahan kimia dan senyawa dengan perekat gelatin. Roy Beck, Charles Petrus dan Edward Owens belajar dan bereksperimen dengan garam asam kromat peka emulsi untuk stensil foto-reaktif. Trio pengembang ini akan membuktikan untuk mngembangkan industri screen printing komersial untuk industri.meskipun penerimaan metode ini akan membutuhkan waktu bertahun-tahun. screen printing Komersial sekarang menggunakan sensitizers jauh lebih aman dan kurang beracun dari bichromates. Saat ini ada pilihan besar pra-peka dan “user campuran” kimia emulsi peka untuk menciptakan stensil foto-reaktif.
Joseph Ulano mendirikan industri kimia pemasok Ulano dan pada tahun 1928 menciptakan metode menggunakan bahan stensil lak larut. bahan stensil dipotong menjadi bentuk, area cetak dihapus dan bahan sisa diserap mesh untuk menciptakan stensil pada screen.
Awalnya teknologi industri percetakan screen diadopsi oleh seniman sebagai media ekspresif dan mudah diulangi untuk duplikasi baik sebelum tahun 1900.dalam seni rupa dan percetakan komersial, dimana biasanya digunakan untuk mencetak foto pada Poster, T-shirt, topi, CD, DVD, keramik, kaca, polyethylene, polypropylene, kertas, logam, dan kayu.
Sekelompok seniman yang kemudian membentuk Serigraphic Nasional Masyarakat kata Serigraphy diciptakan pada 1930-an untuk membedakan aplikasi screen printing artistik dari penggunaan industri proses. “Serigraphy” adalah kata kombinasi dari bahasa Latin “Seri “(sutera) dan kata Yunani” graphein “(menulis atau menggambar).
Sablon ini bisa dibilang yang paling fleksibel dari semua proses pencetakan,Sangat terjangkau dan mudah. Dan sering digunakan dalam pergerakan bawah tanah(under ground) dan subkultur, dan non-profesional tampilan screenprints budaya DIY seperti telah menjadi suatu estetika budaya yang signifikan dilihat pada poster film, album rekaman meliputi, flyer, kaos, font komersial dalam iklan, dalam karya seni dan di tempat lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar