Jumat, 18 Juni 2010

CARA MEMBUAT KLISE SABLON MANUAL

CARA MEMBUAT KLISE SABLON MANUAL

Dalam posting kali ini,saya akan membagi cara membuat klise sablon senganm cara manual. Yait cara membuat klise tanpa menggunakan program menggambar pada komputer.hal ini dapat menjadi solusi,jika dalam proses pembuatan klise sablon secara computerized mengalami hambatan.misalnya,anda tidak mempunyai computer dengan program gambar atau tempat jasa pembuatan klise sablon jauh dari tempat anda dan di tempat anda tidak ada jasa rental computer karena sudah banyak yang beralih fungsi menjadi warnet.
Hanya saja,teknik ini mempunyai kelemahan,yaitu klise sablon hanya bisa untuk pembuatan cetak sablon dengan satu warna saja.
Dengan kelemahan tersebut,tapi tidak ada salahnya untuk anda coba kan?
Berikut saya akan mencoba menjelaskan langkah-langkah nya.
Hal yang sangat utama di sini,anda harus mempunyai kemampuan / skill gambar yang cukup baik,karena proses pembuatan gambar di lakukan secara freehand.untuk memulainya,siapkan alat-alat berikut ;
1.pensil gambar
2.kertas transparan?kalkir
3.tinta bak(tinta cina)
4.kuas gambar kecil
5.rapido
Pertama,buat corak gambar / tulisan yang anda inginkan dengan pensil di atas kertas transparan/kalkir(gambar hanya bagian outline nya saja. Setelah itu,perjelas bagian outline yang sudah anda buat dengan rapido,agar batas tepi gambar terlihat jelas yang dapat memudahkan anda dalam proses pemulasan gambar bagian dalam dengan tinta.lalu tahap selanjutnya,pulas bagian tengah /dalam gambar dengan menggunakan tinta bak (tinta cina).proses pemulasan lakukan dengan perlahan dan merata.lakukan dengan kesabaran dan teliti,karena jika tinta yang tertuang pada kertas kalkir terlalu tebal atau banyak,maka nanti saat kering permukaan gambar tidak akan rata.kertas kalkir yang terpoles tinta akan mengkerut / menggelembung.yang dapat menyebabkan proses peng afdrukan nanti tidak akan sempurna. Atau jika sulit,pada tahap pewarnaan bagian dalam anda langsung menggunakan rapido.hanya proses ini memakan cukup waktu dalam tahap pewarnannya.jika anda cukup sabar dalam melakukanya,hasilnya dibandingkan dengan menggunakan tinta bak akan lebih baik.tahap pemulasan warna harus diusahakan serata mungkin.
Setelah selasai,keringkan.selanjutnya anda menuju proses peng afdruakan gambar yang sudah anda buat tadi.
Selamat mencoba ya?! Mudah-mudahan cukup membantu dan bermanfaat untuk anda.terutama yang baru memulai belajar sablon.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar