Kamis, 06 Mei 2010

D.I.Y

D.I.Y
apaan tuh?? bukan daerah istimewa yogyakarta lho!....
istilah D.I.Y(do it yourself)( sebelumnya di kenal di industry musik.di indonesia sendiri,istilah ini mulai terdengar gencar sekitar 1995 (seingat saya sih...)
saat itu beberapa band di indonesia memulai pergerakan ini.yaitu,mereka mulai memproduksi album mini dengan dipasarkan sendiri tanpa melalui major label.Entah apa alasannya,mungkin beberapa hal....
karena jenis musik yang mereka coba suguhkan tidak sesuai dengan target pasar yang major label inginkan saat itu.sehingga banyak major label yang tidak mau menampung aspirasi musik mereka.dengan modal keberanian,beberapa band mulai berani melakukan pergerakan pasar musik mereka sendiri.
yang beberapa band tersebut diantaranya; PAS band,pure saturday, dan masih banyak lagi.
dan hingga istilah tersebut berkembang sampai menjadi istilah indipenden,dan terus berkembang.
istilah D.I.Y / indipenden pun meluas ke area lainnya,diantaranya fashion.dan melahirkan istilah distro.
clothings distro,awal mulanya sendiri mungkin tidak ada catatan tertulisnya(mungkin saya gak tau..) tapi seingat saya,sekitar 1998 s/d 1999 saya mulai mengetahui istilah tersebut.saat itu belum terlalu banyak brand yang ada,yang saya tahu.diantaranya; 347,anonim,ouval dan beberapa lainnya.perkembangan distro sendiri sangat cepat,coba perhatikan! hampir di setiap kota,setiap pusat perbelanjaan sampai ke gang-gang begitu banyak distro berserakan.
sebelumnya,distro masih sangat identik dengan kota bandung sebagai salah satu pusat trendseter fashion di indonesia.tapi sekarang distro bukan hanya milik kota bandung.
distro itu sendiri merupakan kependekan dari kata 'distribition store'
sebenernya istilah distro juga bisa di gunakan bukan untuk fashion saja,distro pun bisa di tekankan untuk hal lainnya.misalnya majalah,buku atau hal-hal lainya.yang mana cara pendistribusiannya dilakukan secara sendiri (diluar major),dan mempunyai tema yang di berikan berbeda(dari nsudut lain cara pandang) dari majalah atau buku lainnya yang sudah ada dan mempunyai jangkauan luas secara distribusi.biasanya untuk pendistribusian nya memakai cara link pertemanan.tapi bukan tidak mungkin bisa terus berkembang lebih jauh lagi.secara pada saat ini,sudah menjadi semi major.
o ya.. menurut saya distro lebih tepat diartikan pada aspek pendistribusian,tidak terbatas pada fashion saja.walaupun saat ini,memang yang terjadi distro itu sendiri sudah seperti menjadi merk untuk fashin.
demikian posting saya,madah-mudahan bisa menambah pengetahuan buat anda yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar