Jumat, 30 April 2010

BINGKAI MONYL


CARA MEMBINGKAI MONYL
Seperti yang sudah diketahui,monyl adalah berupa lembaran kain.Oleh sebab iti,monyl bru dapat di pakai untuk menyablon jika sudah di beri bingkai.dan baru moyl bisa melakukan p-roses pembuatan klise,yangselanjutnya dapat dipakai untuk proses penyablonan.Ukuran bingkai dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

ya kalo mau praktisnya sih tinggal beli aja di toko-toko sablon.disna kita dapat memilih berbagai macam monyl sesuai kebutuha dengan berbagai macam ukuran.
Tapi menurut saya,pengetahuan tentang cara membingkai monyl cuup bermanfat juga,bila kita mau mengirit biaya pengeluaran.Lumayan kan ngirt ongkos,atau jika kita di buru pesanan misalnya.dari pada abis waktu di jalan.ya kan?!
keperluan untuk membuat bingkai monyl sendiri ada hal yang harus kita perhatikan,bingkai monyl sendiri harus stabil dalam segala kondisi cuaca serta tahan terhadap reaksi bahan kimia.mengingat nanti,bahan-bahan yang dipergunakan untuk proses pencetakan adalah bahan-bahan kimia.
bahan/rangka dapat dibuat dari logam atau kayu.tapi,bahan yang umum/banyak dipakai adalh dari bahan kayu.sedangkan kjenis kayu yang baik untuk dipergunakan dalam membuat bingkai adalah kayu jati atau rasamala.buat bingkai kayu harus setebal mungkin agar mempunyai daya tahan yang tinggi.
okeh!! berlanjut ke cara pemasangan monyl.....
pertama potong monyl sesuai ukuran bingkai,misal ukuran 30x40.lebih dikit juga ga apa-apa agar membantu dalam proses penarikan/pengepresan kain supaya kencang dan nanti kita bisa rapihkan.tapi diusahakan jangan banyak yang terbuang.
lalu basahi monyl,fungsinya agar ketegangan monyl dapat sesuai dengan ketegangan waktu dipergunakan.karena monyl selalu dipergunakn dalam keadaan basah terkena cat saat penyablonan.
selanjutnya,pinggiran bingkai dilapisi perekat khusus(qick fix) bisa juga di dapat di toko sablon.
nasuk kedalam proses pemasangan monyl.pasang mony setegang mungkin supaya saat penggunaan tidak terjadi pengendoran.jika hasil pemasangan monyl kendor,maka hasil cetak tidak akan maximal.jika memakai tangan(karena bisa juga menggunakan mesin),sebaiknya dilakukan lebih dari satu orang untuk menarik setiap bagian sisi monyl.
mudah-mudahan mudah di mengerti ya?! dan juga bermanfaat...
next posting,saya akan mencoba membagi tentang rakel. key!!! see you!!!

1 komentar:

yuki satria mengatakan...

perbedaan antara 90t dan 70t pada minil apa ya om...??????
tolong di jawab yaaa, atau kirim pada blog saya yaa om...thnkz

Posting Komentar