Minggu, 16 Mei 2010

LET’S MAKE YOUR OWN T-SHIRT

LET’S MAKE YOUR OWN T-SHIRT

Ada yang mempunyai fikiran bahwa menyablon tiu banyak membutuhkan biaya? Bias ya! Atau bias juga tidak! kita tetap bisa menyisatinya.dengan low budget agar tetap bisa melakukan kreatifitas dengan sablon.
“JUST DOIT YOUR SELF” janga semua itu menghalangi kreatifitas yang ingin anda buat dengan sablon,walaupun sarana alat pendukung/pokok yang kita miliki tidak lengkap seluruhnya.
And let’s make your own t-shirt! Lakukan untuk diri anda terlebih dulu,jangan memikirkan segi bisnisnya.maksudnya,anda bias buat t-shirt yang nantinya untuk anda pakai sendiri dulu.mungkin ke sekolah,ke kampus atau mungkin ke tempat kerja anda.sedikit menjadi narsis ga apa-apa kan? Tumpahkan ekspresi anda ke dalam t-shirt,buat berbeda dengan yang sering dilihat orang lain,dan tentunya dapat menarik perhatian orang yang melihatnya.
Nah…dimulai dari hal itu,dari reaksi orag lain tersebut bukan berarti tidak mungkin ada teman anda yang tertarik dan minta dibuatkan.barulah segi bisnisnya dapat anda jalankan secara perlahan,dan jadinya anda bisa menghasilkan tambahan uang dari hobi menyablon.
Metode “narsis” ini lumayan cukup efektif,taman atau komunitas dimana anda berada saat ini adalah target awal jika anda ingin menjadikan kretifitas sablon yang anda bisa menjadi lahan bisnis anda.

Berikut sebagai hitung-hitungan,saya akan mencoba memberi rincian harga alat-alat yang di perlukan dalam menyablon.mungkin bisa membantu anda mendapatkan gambaran modal yang harus di keluarkan. Baca di sini tentang pengenalan alat sablon

Berikut perincianya;

1.screen untuk ukuran 30x40cm T-14(ukuran monyl)
Bias memuat gambar dengan ukuran A3 atau A4 harga @ RP.30.000
2.rakel
Dijual per centi meter dengan harga bervariasi.kita contohkan saja,anda membeli rakel
Dengan harga RP.2000/cm dengan ukuran 30cm. jadi harga yang anda dapat RP.60.000
(rakel sudah di beri dudukan kayu)

Bahan pendukung

1.cat
Anda bias membeli langsung cat yang sudah siap pakai dengan warna sesuai dengan yang anda inginkan.anda bias memesan dari per ons dan seterusanya.
Setiap warna memounyai harga berbeda yaitu
Warna muda RP.7500/ons dan warna tua(gelap) RP.8500/ons

2.obat afdruk(foto emulsion)
Dijual dengan takaran 1/4 dan seterusnya.harga ¼ RP.14000(bias dipakai untuk lebih dari 10x proses afdruk)

3.lem meja(lem perekat kaos)
Di jual per ons RP.7000(bisa dipakai dalam jangka waktu lama)

4.harter(penguat afdrukan)
Di jual per botol kecl RP.14000

Bahan untuk penghapusan screen

1.kaporit (bias di beli di apotik)
Harga RP.3000

2.M3 (pembersih cat sablon)
¼ harga RP.8000

3.sabun krim
Biasa di jual di warung RP.1000

4.papan/triplex
Per lembar RP.40000

Demikian perincian harga yang bisa saya berikan.mudah-mudahan bisa membantu anda dalam memulai kretifitas sablon.di mulai dengan teknik “todong” dulu baca di sini
Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar